Wejangan Dan Nasihat Untuk Kalian Yang Ingin Merantau Di Tempat Orang

Cobalah Untuk Melakukan Segala Sesuatu Karena Kita Ingin Bukan Karena Untuk Menyenangkan Orang

Setiap orang memiliki jalan hidup masing-masing. Setiap orang memiliki masa depan yang berbeda-beda. Ada yang ingin berjuang, berkarya, berproses dan berkembang di tempat lahirnya. Ada orang yang tidak ingin kemana-mana. Ingin di tempatnya saja, karena merasa dia bisa melakukan banyak hal di tempatnya. Dia lebih mengenal daerahnya, kebutuhannya apa, apa yang dicari, sehingga dia bisa memenuhinya, bisa menggunakan itu sebagai cara untuk bertahan hidup. Ada juga orang yang ingin merantau. Ingin mengadu nasib di tempat orang.

Wejangan Dan Nasihat Untuk Kalian Yang Ingin Merantau Di Tempat Orang

Ada orang yang ingin mencoba apakah mungkin dia bisa beruntung jika berkembang dan berproses di tempat orang, di tanah orang. Itu adalah pilihan setiap orang. Itu adalah keputusan setiap orang. Dan kita tidak bisa menghalanginya. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan semangat. Memberikan wejangan, dan memberikan nasihat apa yang kira-kira dibutuhkan olehnya. Dan tidak masalah juga jika kalian ingin mencoba untuk mengadu nasib di negeri orang, di tempat orang. Mungkin itu jalanmu. Mungkin kalian bisa berhasil disana.

Ada beberapa nasihat dan wejangan yang bisa kita berikan. Untuk kalian yang ingin merantau, yang ingin mencoba mengadu nasib di tempat orang. Paling pertama, kalian harus memiliki pendirian yang kuat. Jangan mudah terpengaruh. Kalian harus kuatkan mental kalian. Jangan mudah menyerah. Kalian harus bisa bertahan dengan argumen dan pikiran kalian. Jangan mudah terpengaruh. Jangan mudah percaya orang. Baik boleh, tapi ada batasnya. Jaga kesehatanmu, makan yang cukup tidak usah berlebih. Idealis boleh tapi jangan sampai membuat kalian keras hati. Buka peluang sebanyak mungkin. Kerjakan apa yang bisa dikerjakan. Dan jaga sikap.

Ingat kalian berada di tempat orang, di tanah orang. Mau kalian sudah memiliki uang yang cukup, memiliki jabatan yang tinggi, dan kalian terpandang disana. Bukan berarti kalian semenah-menah. Tetap jaga sikap, etika, attitude harus selalu dijunjung tinggi. Karena sikap kalian secara tidak langsung menggambarkan, mempresentasikan seperti apa orang-orang asal daerah kalian.