Manfaat Timun Untuk Kesehatan Anak

Mentimun atau timun termasuk kedalam jenis buah-buahan, namun seringkali masih di anggap sebagai sayur. Sama seperti buah-buahan lainnya, timu juga memiliki segudang kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan anak, antara lain magnesium, serat, fosfor, protein, karbohidrat, folat, kolin, kalium, serta vitamin K, A, dan C.

Berikut Sederetan Manfaat Dari Timun Bagi Kesehatan Anak

1.Mendukung kesehatan tulang
Timun tak hanya kaya akan kandungan airnya saja, namun juga mengandung cukup banyak kalsium. Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting untuk mendukung kesehatan tulang anak.

2.Mencegah dehidrasi
Hampir 95% timun terdiri dari air. Kandungan air pada timun dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan cairan harian anak, sehingga akan terhindar dari dehidrasi.

3.Menurunkan resiko sembelit
Kandungan serat dan air pada timun memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri baik diusus dan juga dapat membantu usus bisa bekerja dengan optimal. Jika kondisi usus terjaga, maka anak pun bisa terhindar dari resiko sulit BAB.

4.Menangkal radikal bebas
Paparan radikal bebas bisa berasal dari asap kendaraan atau asap rokok yang dapat merusak sel-sel didalam tubuh si kecil bahkan bisa meningkatkan resikonya mengalami penyakit kronis. Untuk bisa menangkal radikal bebas anda bisa memberikan anak anda buahan-buahan yang tinggi antioksidan, seperti blueberry, stoberi, dan juga termasuk timun.

5.Dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebih
Bertambahnya berat badan anak memang merupakan hal yang baik. Namun, jika bobot tubuhnya bertambah terlalu banyak, justru dapat meningkatkan resikonya mengalami obesitas.
Agar berat badan anak anda dapat terkontrol dengan baik, anda bisa memberikannya mengonsumsi timun sebagai makanan cemilan sehatnya.

6.Dapat menjaga kesehatan mata
Tidak hanya kaya akan tinggi kalium dan antioksidan saja, buah timun juga mengandung banyak beta karoten. Didalam tubuh si anak, beta karoten sanagat berperan penting untuk bisa menjaga kesehatan indra penglihatan nya, termasuk juga dapat mencegah terjadinya katarak san rabun senja.

7.Dapat menjaga kesehatan jantung
Timun rendah sodium, namun mengandung antioksidan, erat, dan tinggi akan kandungan kaliumnya. Nutrisi tersebut sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol, dan juga menjaga kesehatan jantung anak.

Nah, itulah beberapa manfaat dari timun untuk kesehatan anak, mulai sekarang anda tidak perlu merasa ragu lagi untuk memberi buah tersebut kepada anak anda. Timun bisa di konsumsi langsung, atau di oolah menjadi menu masakan. Anda juga bisa memberikan makanan sehat lainnya seperti ikan, telur, daging, buah-buahan, serta sayur-sayuran lainnya, supaya nutrisinya bisa terpenuhi dengan baik.